Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1
Tidur Usai Sahur Sangat Berbahaya Lho
No icon

Tidur Usai Sahur Sangat Berbahaya Lho

Apa yang biasa kita lakukan usai makan sahur? Sebagian orang ada yang mengisi kegiatan dengan tadarus Al Quran, atau mengerjakan aktivitas rumah lainnya. Kita memang tidak dianjurkan untuk langsung tidur usai makan sahur. Hal ini sebagaimana telah disunnahkan oleh Rasulullah SAW agar umat Islam mengakhirkan waktu sahur.

Sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Nabi beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Rasulullah SAW bersabda:

"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan salat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Ternyata dari sisi ilmu gizi dan kesehatan, tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dilarang karena banyaknya dampak buruk. Dilansir dari laman Tribunnews.com, (31/05), ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, Pramono, mengungkapkan dampak langsung tidur usai makan diantaranya adalah perut akan jadi buncit. Ini karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita.

Masalah lain adalah timbulnya refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur. "Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit," tulis Pramono.

Normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan. Meningkatnya risiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur.

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke. Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur. Tak heran jika banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan .

Penyakit lain yang timbul akibat tidur setelah makan sahur adalah GERD atau biasa disebut dengan Gasteophageal Reflux. Masalah ini timbul akibat nyeri uluh hari (heart burn). Rasa panas akan muncul di area kerongkongan dan juga menyebabkan area dada seperti terbakar. Jika hal ini sering dirasakan, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter ya. Langsung tidur habis sahur juga menyebabkan kerja liver lebih berat. Jumlah bakteri jahat yang timbul di dalam tubuh akan mengakibatkan derajat keasaman pada tubuh juga meningkat. Hal ini mengakibatkan timbulnya asam nitrit yang sangat berbahaya bagi hati. Pasalnya, asam nitrit akan membuat kerja liver meningkat dan menjadi lebih berat.

Komentar